0 (Miris) Perokok Pria Indonesia Juara Satu di Dunia

Dikutip dari surat kabar NY Daily News, survei tersebut dilakukan tahun lalu dan melibatkan lebih dari 8.000 responden. Survei itu sendiri merupakan bagian dari survei global yang didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) US Centers for Disease Control dan Prevention di 15 negara yang diketahui memiliki tingkat perokok paling berat (seperti Bangladesh, Brazil, China, Mesir, India, Mexico, Filipina, Poland, Russia, Thailand, Turki, Ukraina, Uruguay dan Vietnam.
 
Dari hasil sebuah survei tersebut ditemukan bahwa 67 persen dari seluruh pria di Indonesia yang berusia di atas 15 tahun telah menjadi pecandu rokok. Dengan fakta tersebut, negara kepulauan ini berdiri kokoh di peringkat pertama sebagai negara dengan pria perokok terbanyak, mengalahkan Rusia yang menduduki peringkat dua yang memiliki prosentase sekitar 35 persen.

Yang paling miris, dalam studi ini juga ditemukan tingginya imbas rokok terhadap non-perokok. Setidaknya ada sekitar 80 persen penduduk di Indonesia terpapar asap rokok, baik itu di tempat kerja, rumah, atau tempat umum lainnya. Dengan kata lain, tingkat perokok pasif di negeri kita ini merupakan yang tertinggi.

Tingginya promosi iklan rokok menjadi salah satu penyebab semakin meningkatnya jumlah perokok pria. Pemasangan papan iklan billboard serta iklan TV yang masih sangat longgar dan bebas semakin memicu jumlah perokok di kalangan muda.

Selain itu aktifnya para produsen rokok menjadi sponsor di berbagai kegiatan dengan embel-embel Corporate Social Responsibility (CSR) juga menjadi faktor lain semakin menancapnya pengaruh mereka terhadap generasi muda. Belum lagi kegiatan sponsorship di bidang olahraga dan konser musik. Padahal hal ini telah lama di larang di banyak negara.

0 komentar:

Posting Komentar