0 Melamun Bisa Menghilangkan Sebagian Memori Otak

Jika anda sering melamun saya sarankan untuk segera menghindari kebiasan tersebut, karena menurut penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Science, sebuah jurnal dari Association for Psychological Science.  


Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa melamun atau termenung sambil pikiran melayang ke mana-mana, dapat menyebabkan HILANGNYA SEBAGIAN MEMORI, khususnya memori sebelum seseorang mulai melamun. Semakin jauh pikiran melayang saat melamun, maka hilangnya memori akan semakin parah.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menguji beberapa partisipan, kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk melihat daftar kata yang muncul di layar komputer, satu per satu. Kemudian partisipan diminta untuk melamun, memikirkan tentang kejadian yang menarik baginya. Selanjutnya, partisipan kelompok kedua hanya diminta untuk melihat daftar kata-kata, tanpa melamun.

Pada akhir tes, kedua kelompok partisipan diminta mengingat kembali sebanyak mungkin kata-kata apa saja yang dilihatnya dari daftar tadi.

Hasilnya, kelompok yang diminta untuk melamun hanya mengikat sedikit kata dibandingkan dengan kelompok yang tidak melamun. Ini menunjukkan bahwa melamun dapat menghilangkan sebagian memori yang baru saja diperoleh.

0 komentar:

Posting Komentar